√ LAN Card : Pengertian, Fungsi Dan Jenis-Jenis LAN card

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian LAN Card – Untuk membuat Local Area Network (LAN) di jaringan komputer, diperlukan beberapa perangkat pendukung agar jaringan dapat terhubung dan dijalankan denganbaik. Salah satu perangkat yang dibutuhkan adalah LAN Card. Jaringan komputer sendiri memiliki rasa sekelompok komputer yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan media kabel atau sinyal yang bertujuan untuk berkomunikasi.

LAN Card adalah salah satu media pendukung yang perannya sangat vital dalam membangun jaringan komputer. Di sini saya akan membahas tentang Pengertian, Fungsi Dan Jenis-Jenis LAN card di jaringan komputer.

Pengertian LAN Card

LAN Card adalah salah satu perangkat antarmuka dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lain menggunakan kabel. LAN Card sendiri memiliki nama yang berbeda atau sering disebut kartu jaringan, Network Interface Card (NIC) dan Ethernet Card.

LAN Card adalah kartu ekspansi yang dipasang di slot PCI pada motherboard komputer. Untuk menghubungkan jaringan komputer, kartu LAN umumnya menggunakan RJ-port 45. Dalam instalasi LAN Card, Anda biasanya harus menginstal driver terlebih dahulu dari LAN Card, ada juga LAN Card yang telah dipasang secara otomatis tanpa harus gunakan driver.

Seiring dengan perkembangan waktu, peran kartu LAN di jaringan komputer mulai menggeser eksistensinya dengan kehadiran perangkat wireless yang dianggap lebih efektif dan penggunaan yang efisien tanpa harus menggunakan kabel. Namun, masih banyak pengguna komputer yang menggunakan perangkat LAN Card di jaringan komputer karena kecepatan transfer data bila dibandingkan dengan perangkat wireless.

Baca juga : √ Scanner : Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi Dan Cara Kerja Scanner

Fungsi LAN Card

Seperti disebutkan di atas, bahwa fungsi utama dari LAN Card adalah sebagai penghubung media di jaringan komputer dalam pertukaran data. Fungsi lain dari Kartu Ethernet ini adalah itu.

1. Siapkan data dari komputer sehingga dapat ditransfer / dikirim ke komputer lain sehingga berjalan melalui media penghubung. Sebagai pengontrol aliran data antar host / komputer dalam suatu jaringan.
2. Sebagai pengontrol aliran data antar host / komputer dalam suatu jaringan.
3. Menerima data dari komputer melalui kabel dan diterjemahkan dalam bit yang dimengerti oleh komputer.

Jenis –Jenis LAN Card

Secara fisik ada 2 jenis LAN Card, yaitu LAN Card Eksternal dan LAN Card internal. LAN Card internal langsung pada motherboard. Untuk motherboard Output saat ini biasanya LANCard diinstal secara otomatis. Ada juga LAN Card eksternal, LAN Card yang dipasang secara manual di slot motherboard.

Baca juga : √ Fiber Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja, Dan Sejarah Fiber Optik

Dalam bentuk ada beberapa jenis untuk LAN Card, termasuk yang berikut.

1. LAN Card ISA

LAN Card ISA adalah jenis LAN Card yang pertama kali dibuat oleh perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer. Kartu LAN ini memiliki slot hitam dan memiliki satu hingga tiga. Fitur lain dari ISA adalah dukungan konektor outputnya untuk BNC dan RJ-45.

2. LAN Card PCI

LAN Card PCI diproduksi pada tahun 1992 dan masih banyak digunakan saat ini. Kartu LAN PCI ini adalah pengembangan untuk menggantikan jenis LAN Card ISA. Kartu LAN PCI mulai digunakan pada komputer generasi Pentium 1 dan masih digunakan hingga sekarang. Bedanya jika komputer digunakan untuk memiliki banyak slot untuk PCI LAN Card, ada sekitar 5 slot, berbeda dengan motherboard komputer saat ini yang hanya memiliki 1 slot.

3. LAN Card USB

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, produsen mengembangkan LAN Card untuk port USB. Tujuan mengembangkan Lan Card ini adalah untuk memfasilitasi penggunaan LAN Card di jaringan komputer tanpa harus membuka casing komputer, cukup tancapkan ke port USB.

Demikianlah ulasan dari teknologidankomunikasi.com semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat membantu anda.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *