√ Cara Mengatasi Flashdisk Write Dengan CMD, Registry Editor, Dan Aplikasi

Posted on

Cara Mengatasi Flashdisk Write – Masalah Flashdisk Write Protected bukan merupakan suatu hal yang sangat besar dan darurat. Masalah seperti ini hanya akan membuat kita jengkel dan juga cukup memakan waktu karena untuk mengatasinya masalah ini.

gambar Cara Mengatasi Flashdisk Write

Write Protected membuat sebuah flashdisk yang anda miliki menjadi terkunci, oleh karena itu Flashdisk yang biasa digunakan tidak bisa di format, menghapus data ataupun menambahkan data.

Hal seperti ini “Write Protected” bisa terjadi dikarenakan asal main cabut flashdisk dari komputer atau laptop, virus, atau bahkan hal-hal lainnya.

Untuk mengatasi masalah seperti ini anda bisa melakukan beberapa hal misalkan dengan bantuan Command Prompt, Regedit, atau juga dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Untuk cara yang paling sederhana dan disarankan dalam mengatasi masalah pada flashdisk wrie protected ialah dengan menggunakan bantuan Command Prompt. Cara seperti ini merupakan cara yang paling mudah, hal ini dikarenakan setiap komputer pastinya beroperasi pada windows yang memilikinya secara default.

Baca juga√Flashdisk : Pengertian,Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Dan Macam Lengkap

Untuk cara kerjanya anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan CMD

1.Pastikan flashdisk terhubung dengan komputer
2.Bukalah Command Prompt sebagai Administrator
3.Cari atau bisa dengan di ketik diskpart
4.Setelah itu perintahkan listdisk, dan juga select disk saya, ganti saya dengan nomor untuk flashdisk.
5.Ketikan attributes disk clear readonly, jika sudah silahkan ketik perintah clean.
6.Ketik format fs=fat32 atau format fs=ntfs sesuai dengan format yang anda inginkan.
7.Jika udah silahkan ketik exit

“setiap mengetik perintah pada Command Prompt jangan lupa untuk selalu menekan Enter hal ini untuk mengaktifkan perintah tersebut.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Registry Editor

Jika dengan menggunakan cara Command Prompt masih belum berhasil, anda bisa mengatasi flahdisk write protected dengan Registry Editor “Regedit”. Berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa anda ikuti :
1.Bukalah Regedit dengan cara menekan tombol Windows + R lalu ketikan Regedit dan jangan lupa di Enter jika sudah.
2.Masuklah ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE pilih SYSEM jika sudah pilih Current Control Set cari Control dan masuk ke bagian Storege Device Policies
3.Carilah opsi Write Protect, silahkan klik kanan pada opsi tersebut lalu pilih Modify
4.Ubah value data ke angka 0 dan silahkan klik OK
5.Jika sudah maka silahkan di cabut flashdisk, silahkan di restart terlebih dahulu komputer anda, jika sudah di restart silahkan masukan lagi flashdisk untuk memformatnya

Baca juga√Modem : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Macam Lengkap

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Aplikasi

Jika kedua cara di atas sudah di coba dan tidak ada yang berhasil, maka untuk alternatif lainnya anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti ini, contoh salah satunya adalah Fat32 Format Rool GUI.

Untuk cara kerja dari masing-masing aplikasinya tentunya berbeda-beda. Oleh karena itu silahkan anda mengikuti tutorial melalui website resmi aplikasi tersebut.

Demikianlah ulasan dari teknologidankomunikasi.com semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat membantu anda yang sedang kebingungan dalam mengatasi flashdisk wtire.

Baca jugaCara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Kompatibel Di Play Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *