√Modem : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Macam Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Modem – Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan juga di lengkapi dengan teknologi yang canggih-canggih terutama di bidang internet. Dimana internet kini sudah memiliki jangkauan yang sangat luas bahkan sudah bisa di akses hinggi seluruh pelosok yang ada di Indonesia.

Dijaman sekarang Intenet sudah sangat mudah sekali untuk di akses. Contoh kecilnya adalah modem, bagi sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kata modem ini, pasalnya modem biasa digunakan untuk mengakses Internet.

Dengan adanya modem seperti ini untuk mengakses internet tentunya akan semakin mudah terutama bagi yang membutuhkannya. Tapi apakah anda tau apa pengertian Modem itu sendiri?, terus apa saja fungsi Modem dan juga jenis modem? Jika belum tau jawabannya, silahkan di simak di bawah ini.

Pengertian Modem

Modem “Modulator Demodulator” yang mana kata ini mempunyai arti yaitu :

  • Modulator merupakan bagian yang mempunyai fungsi untuk merubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang akan siap di kirimkan.
  • Demodulator berfungsi untuk memisahkan bagian antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang akan di terima dengan baik.
  • Artinya modem merupaakn jenis alat komunikasi dua arah.

Jenis – Jenis Modem

Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan alat yang bisa digunakan untuk komputer supaya bisa mengakses Internet dimana data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan dirubah menjadi sinyal analog. Maka jika modem yang menerima data berupa sinyal analog maka akan dirubah menjadi sinyal digital setelah itu akan diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog ini bisa dikirimkan menggunakan media telekomunikasi seperti radio dan telepon.

Modem Internal

Jika data sudah tiba pada modem yang dituju maka sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital dan dikirimkan ke komputer kembali.

Modem GSM

Model GSM merupakan jenis modem yang memakai telepon selular sebagai media utama untuk transfer data. Modem GSM sendiri biasanya didukung dengan bantuan kartu koneksi yang mampu untuk mendukung provider yang bersifat GSM.

Modem ISDN

Modem ISDN “Integrated Services Digital Network” merupakan sebuah sistem telekomunikasi yang terdapat dalam layanan data, gambar ataupun suara yang mana akan diintegrasikan kedalam jaringan, yang mana jaringan ini mempersiapkan konektivitas digital dari ujung hingga ke ujung guna untuk menunjang ruang lingkup pelayanan yang luas.

Modem ADSL

Modem ADSL “Asymetric Digital Subscribe Line” ialah suatu alat yang digunakan untuk mengakses internet dan juga menggunakan telepon analog dengan bersamaan. Yang mana cara gunanya dibantu dengan alat penghubung yang disebut dengan nama Splitter. Fungsi dari Splitter pada ADSL ialah untuk menghilangkan gangguan sehingga hasilnya bisa berjalan secara bersamaan, yakni bisa menggunakan internet dan juga bisa menggunakan telepon biasa tapi tidak saling terganggu.

Modem Analog

Sesuai dengan namanya fungsi modem analog ini ialah suatu alat untuk membentuk sinyal analog yang kemudian akan dirubah menjadi sinyal digital.

Wireless Modem

Wireless “nirkabel” merupakan teknologi yang menghubungkan dua piranti yang digunakan untuk bertukar data tanpa menggunakan media kabel. Cara kerja wiriless modem ialah dengan melakukan pertukaran data melalui media gelombang cahaya tertentu contoh seperti teknologi infra merah pada remote TV atau juga pada gelombang radio contohnya seperti bluetooth pada ponsel dan komputer dengan jumlah frekuensi tertentu.

Modem Kabel

Modem Kabel merupakan jenis modem yang bisa digunakan untuk menerima suatu data secara langsung dari suatu penyedia layanan yang melalui TV kabel.

Modem CDMA

Modem CDMA merupakan salah satu jenis modem yang memanfaatkan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Modem CDMA ini terus berkembang sudah ada yang setara dengan 3G dan bisa saja nanti menjadi setara 4G.

Fungsi Modem

Untuk secara umumnya fungsi modem ialah sebagai hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk mengubah komunikasi 2 arah yaitu untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya, fungsi modem lainnya bisa di baca di bawah ini :

  • Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  • Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
  • Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  • Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal

Demikianlah ulasan dari teknologidankomunikasi.com semoga bisa sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *