√Flashdisk : Pengertian,Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Dan Macam Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Flashdisk – Pada zaman sekarang yang semakin maju, modern dan sangat berkembang dengan cepat itu membuktikan bahwa kemajuan teknologi pada saat ini sudah tidak bisa terbendung lagi. Terkhususnya di dunia Komputer ada banyak sekali perkembangan seperti yang terdapat pada hadrawe ataupun softwarenya. Contoh perkembangan spesifikasi pada komputer banyak dipengaruhi karena kemunculan dari hardware contoh processor, VGA Card dan juga RAM bahkan juga OS dan Sistem Operasinya.

Selain komponen hardware yang sudah dijelaskna di atas masih ada banyak sekali komponen lainnya yang mengalami kemajuan pada bidang komputerisasi. Contoh misalkan hardware penyimpanan seperti flashdisk, nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai pengertian flashdisk, Fungsi,Kelebihan, Kekurangan, Jenis Dan Macam-macamnya :

Pengertian Flashdisk

USB Flash Drive atau Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data portabel yang bisa dihubungkan melalu port USB dari suatu komputer dan laptop. Sebagai media penyimpanan pada awalnya flashdisk tidak terlalu vital seperti saat ini, awal-awal pengeluaran flashdiks tidak mempunyai ukuran tidak kurang dari ½ GB atau 512 MB saja. Ukuran seperti itu sangat kecil apa lagi jika dibandingkan dengan ukuran CD atau DVD – ROM saat ini (700 MB).

Berjalan seiring waktu untuk saat ini keberadaan Flashdisk sudah mulai menjadi hal wajib bagi pengguna laptop atau komputer tidak terkecuali orang yang tidak menggunakan laptop dan juga komputer, hal ini tentu untuk membantu aktifitas dalam bekerja, sekola dan lain-lain. Hingga saat ini flashdisk sudah tersedia dengan ukuran mulai dari 2 GB hingga yang paling besar pada saat ini mempunyai ukuran penyimpanan sebesar 32 GB.

Dulu mungkin anda masih mengenal memori penyimpanan yang berupa disket atau CD-ROM, tapi untuk saat ini keberadaan disket sudah tidak eksis lagi bahkan sudah mulai susah untuk ditemui. Hingga saat ini sudah tersedia berbagai macam merk Flashdisk yang di anggap lebih efektif dan juga efisien jika harus dibandingkan dengan Disket atau CD-ROM.

Dengan ukurannya yang kecil dan juga simpel, tentu saja orang-orang lebih senang untuk mengunakannya. Flashdisk juga termasuk kedalam kategori komponen hardawe yang bersifat non volatile, yang artinya data yang disimpan tidak akan hilang walaupun flashdisk dicabut atau tidak di aliri listrik sekalipun.

Dibeberapa memory internal komputer terkadang ada saja data yang tersimpan tiba-tiba hilang pada saat komputer dimatikan. Selain dari itu flashdisk juga sangat efisien dan efektif karena data yang disimpan bisa dirubah setiap saat.

Fungsi Flashdisk

Flashdisk atau USB lash drive dibuat dengan tujuan khusus sebagai media penyimpanan file. Selain itu flashdisk juga mempunyai ketersediaan ruang lebih untuk segala macam jenis file serta sangat memungkinkan untuk melakukan perubahan pada suatu dokumen disetiap saat. Tentu hal inilah menjadi faktor lebih dari para penggunanya yang terus saja meningkat dan berkembang pesat yang sehingga mampu menggeser posisi dari CD atau Disket.

Dengan menggunakan flasdisk anda bisa dengan bebas untuk memainkan berbagai macam jenis file audio dan video pada PC ataupun Laptop anda. Mempunyai ukuran yang mungil dan juga bisa dengan mudah untuk di bawah kemana-mana, tentu sangat cocok sekali bagi para pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan masyarakat umum sekalipun.

Keperluan dalam memindahkan file-file dengan tujuan untuk melakukan backup data juga semakin dipermudah karena mengingat fungsi dari flashdisk yang kompatibel hampir pada segala device. Tidak hanya difungsikan pada komputer PC atau Laptop, flashdisk juga bisa anda gunakan untuk menyimpan lagu-lagu atau DVD player.

Kelebihan Dan Kekurangan Flashdisk

Setiap barang yang di ciptakan oleh manusia sudah tentu pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan sama seperti flashdisk ini. Sebagai media penyimpanan yang sangat simpel dan juga efisien masih terdapat beberapa hal yang masih harus anda perhatikan dan pertimbangkan jika ingin membeli flashdisk ini. Untuk lebih jelasnya simak penjelasn mengenai kelebihan dan kekurangan flashdisk di bawah ini :

Kelebihan Flashdisk

1. Hal pertama yang menjadi daya tarik utama dari flashdisk ini ialah karena ukurannya yang kecil dan juga simpel tetapi mempunyai ruang penyimpanan yang besar. Semakin besar kapasitas dari suatu flashdisk tersebut maka itu juga menjadi penanda untuk ukuran fisiknya.

2. Flashdisk juga bisa anda gunakan sebagai media instalasi windows (anda harus membuat bootable terlebih dahulu).

3. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, tidak perlu melakukan instalasi dan juga tidak memakan waktu terlalu lama. Cukup dengan menancapkan flashdisk ke port USB kemudian tunggulah sampai muncul pada My Computer ataupun File Explorer, jika sudah maka anda bisa dengan bebas untuk mengakses semua file yang terdapat di dalam flashdisk tersebut.

4. Jika anda menggunakan flashdisk dengan benar maka itu tentu akan semakin memperpanjang umur dari flashdisk anda dan juga akan memperkecil dari kemumkinan terkena virus yang berasal pada komputer. “hindari pencabutan flashdisk dari komputer dengan paksa hal tersebut akan menimbulkan kerusakan.

5. Karena flashdisk yang bisa digunakan hingga semua kalang termasuk anak-anak yang bersekolah, menjadikan harga flashdisk ini sangat terjangkau sekali bahkan untuk merk kelas atas sekalipun.

Kekurangan Flashdisk

1. Karena ukurannya yang mungin ada baiknya jika anda berhati-hati pada saat sedang membawa flashdisk ini, karena ditakutkan jika terjadi kehilangan atau terjatuh maka tentu akan sangat susah untuk ditemukan dengan mudah.

2. Hati-hati jika anda lupa dalam meletakkan flashdisk di dalam kancong celan, jika flashdisk tidak sengaja dicuci maka tentu ini akan berkibat patal, karena peralatan elektronik dan air jika bertemu maka tentu bisa menyebabkan kerusakan atau konsleting pada saat dialiri daya dari komputer.

3. Karena ukurnnya yang masih terbatas tentu orang lebih memilih untuk menggunakan memory eksternal karena untuk keperluan backup data dalam skala yang besar.

Demikianlah ulasan dari teknologidankomunikasi.com semoga bisa sangat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *