Cara Instal Ulang Windows 7 Ultimate Dengan Mudah & Cepat

Posted on
Rate this post

teknologidankomunikasi.com – BISSMILAHIROHMNIROHIM…

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara install windows 7 ultimate. Apabila anda telah membeli /mendapat file windows 7 ultimate, maka langkah selanjutnya adalah menginstal ny kedalam computer atau laptop anda.jika kita membicarakan tentang instalisasi windows 7 ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.  Sebagai panduan kali ini kita akan memberikan info seputar cara install windows 7.

1. Pertama menggunakan CD.

Jadi anda harus menyiapkan CD installer windows 7 . anda dapat membeli/mendapatkan nya dengan cara membeli baik yang original ataupun yang bajakn. Cara ini digunakan juka laptop atau computer kalian ada cd player.

2. Yang kedua menggunakan flashdisk.

Nah cara kedua ini bias anda gunakan jika laptop anda tidak memiliki cd player. Untuk dengan cara ini anda juga harus memiliki software seperti Rufus, win to flash, dll.

Berikut cara bootable flashdisk agar dapat installer windows 7 ultimate.

  1. Anda harus menghubungkan flashdisk ke USB laptop/computer anda
  2. Buka software yang akan di gunakan untuk bootable flashdiisk.
  3. Setelah itu pilihlah image ISO yang akan dimasukan kedalam flashdisk.
  4. Sebelum menginstal pastikan anda backup data penting anda. Karna saat proses penginstalan data flashdisk anda kan di format secara otomatis.
  5. Lalu klik START OVER untuk memulai bootable flashdisk anda.

3. Anda harus mengatur BOOT DEVICE PRIORITY ke flashdisk/CD

Salah satu cara masuk bios dengan laptop HP adalah dengan kombinasi Esc+f2, setelah itu baru anda dapat masuk ke program BIOS. Setelah masuk pilih tab BOOT,lalu BOOT OPTION atau BOOT PRIORITY SETTING, atur penyimpanan yang akan digunakan sebagai installer windows 7 di urutan pertama. Jika yang di gunakan cd maka pililah cd player jika flashdisk maka yang dipilih flashdisk…

Jika sudah simpan BIOS  anda lalu keluar   secara otomatis laptop/computer nada akan restart sendiri.setelah reboort tekan sembarang tombol keyboard anda lalu alihkan ke file installer windows 7 anda yang akan di bootable.

4. Tahap ini adalah awal kita instalisasi windows. Akan muncul pengaturan awal seperti pengaturan tanggal, pengatiuran lokasi,bahasa, format keyboard, atur lokasi dan bahasa anda dengan Indonesia. Tapi anda bias membiarkannya dalam jeadan default. Lalu klik NEXT. Lalu anda akan mendapati beberapa pilihan apakah anda akan install atau anada hanya akan  memperbaiki windows 7 anda (repair). Jika anda ingin install bari maka klik INSTAL NOW.

Baca Juga : Cara Instal Ulang Windows 7

5. Setelah itu Bagian selanjutnya adalah lisensi windows 7 ultimate yang anda istal .pada bagian kotak sebelah I ACCEPT THE LICENCE TERM  klik sampai muncul tanda centang lalu klik next.

6. Di pilihan instalisasi anda akan muncul 2 pilihan yang satu untuk upgrade/repair(perbaikan) dan yang satunya untuk install baru, sebab kita akan install baru jadi pilih “custom install windows only(advance)”.

7. Setelah itu membuat partisi  dan menentukan partisi nama yang akan digunakan untuk os windows 7 ultimate. Inilah langkah paling penting . jadi anda harus paham tentang partisi, contoh jika hardisk yang anda gunakan 1TB, anda dapat membaginy menjadi beberapa partisi, c,d dab e sebagai system reserfed.. setelah itu pilih partisi yang akan digunakan untuk install windows7 ultimate. Lalu klik next.

8. Setelah menyelesaikan tahap partisi, sekarang anda tinggal enunggu proses instalisasi windows7 ultimate.

9. Setelah selesai laptop atau computer nada akan restart sendiri, setelah itu klik” restart now” untuk merestart nya.setelah itu laptop/computer nada akan muncul tulisan PRES AN KEY TO BOOT FROM CD or DVD pada layar. Jangan tekan tombol pada keyboard karna itu akan mengulang proses intalisasi. Tunggu sampai selesai.

10. Setelah selesai maka pada layar akan muncul halaman produckt key. Anda bias melewatinya dengan cara klik “use express setting”. Karna proses ini dilakukan  setelah instalisasi selesai.

11. Selanjut anada akan diminta untuk melakukan pengaturan akun windows anda, anda dapat member sandi ataupun tidak pada windows 7 ultimate anda. Dan tentukan nama computer anda agar dapat dikenali pada jaringan lan. Lalu klik NEXT. Maka anda sekarang dapat menggunakan windows ultimate anda, jangan lupa lakukan instalisasi antivirus dan drive pada laptop anda.

Semoga tulisan artikel ini dapat bermnfaat bagi kita semua.. amiiiin…. (dari santri untuk negeri).

Baca juga :

Cara Instal Ulang Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa CD Driver

Cara Instal Windows 7 Ultimate Tanpa Kehilangkan Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *